Virtual Reality: teknologi virtualisasi grafis dikehidupan nyata

Desember 17, 2012 § Tinggalkan komentar


— VR – Virtual Reality —

_CAVE[1]

Merupakan sebuah teknik yang digagaskan untuk menciptakan visualisasi tampak-nyata atau memiliki dimensi ruang/3D, yaitu Panjang x Lebar x Tinggi (atau disimpulkan menjadi Lebar x Tinggi x Kedalaman/depth) pada era tahun 80-90an.
Dirancang untuk beragam aktifitas mulai dari simulasi tempur dan permainan, hingga pengerjaan perakitan mesin. Untuk membuat citra tersebut diperlukan bahasa pemprograman khusus yang mampu mendeskripsikan tatanan visual kepada prosesor untuk kemudian ditampilkan.

— VRML – Virtual Reality Modeling Language —
merupakan bahasa yang digunakan untuk merepresentasikan VR ke pada browser yang diciptakan khusus atau plug-in web browser khusus untuk menampilkan VR seperti Cosmo Playerdsb.

Bahasa ini merepresentasikan beberapa buah grafik untuk ditampilkan bersama-sama dalam waktu yang bersamaan untuk menciptakan efek Ruang.
CAVE_HyPi6_1[1]dibutuhkan setidaknya 2 hingga 3 alat proyeksi untuk memproyeksikan ke 3 dimensi tersebut, serta sebuah alat bantu lihat/kacamata khusus yang dapat membuat pandangan tersebut menjadi nyata.

— X3D —

merupakan teknis kelanjutan dari VRML, dimana hal ini kemudian dikembangkan menjadi suatu media animasi/multimedia interaktif yang kemudian dibangun menjadi suatu tampilan video.
hal ini kemudian berkembang menjadi sebuah teknologi yang dimanfaatkan untuk aplikasi permainan seperti AyoDance, dsb.
ayodance[1]

Tinggalkan komentar

What’s this?

You are currently reading Virtual Reality: teknologi virtualisasi grafis dikehidupan nyata at Dio_STiKom_BGR.

meta